Selasa, 26 Juni 2018

ASKEP ANAK DENGAN ANEMIA

A. Pengertian
Anemia adalah suatu keadaan dimana kadar Hb dan atau hitung eritrosit lebih rendah dari normal. Anemia adalah berkurangnya jumlah eritrosit serta jumlah Hb dalam 1mm3 darah atau berkurangnya volume sel yang didapatkan (packed red cells volume) dalam 100 ml darah.

(Sumber : almet-rt.ru)

B. Penyebab Anemia
Anemia dapat dibedakan menurut mekanisme kelainan pembentukan, kerusakan atau kehilangan sel-sel darah merah serta penyebabnya. Penyebab anemia antara lain sebagai berikut :
  1. Anemia pasca pendarahan : akibat perdarahan massif seperti kecelakaan, operasi dan persalinan dengan perdarahan atau perdarahan menahun : cacingan
  2. Anemia defisiensi: kekurangan bahan baku pembuat sel darah. Bisa karena intake kurang, absorbsi kurang, sintesis kurang, keperluan yang bertambah
  3. Anemia hemolitik: terjadi penghancuran eritrosit yang berlebihan. Karena faktor intrasel: talasemia, hemoglobinopatie,dll. Sedang factor ekstrasel: intoksikasi, infeksi –malaria, reaksi hemolitik transfusi darah
  4. Anemia aplastik disebabkan terhentinya pembuatan sel darah oleh sumsum tulang (kerusakan sumsum tulang)
C. Tanda dan gejala
  1. Tanda umum anemia
    - Pucat,
    - Tacicardi,
    - Bising sistolik anorganik,
    - Bising karotis,
    - Pembesaran jantung.
  2. Manifestasi Khusu pada anemia
    Anemia aplastik: ptekie, ekimosis, epistaksis, ulserasi oral, infeksi bakteri, demam, anemis, pucat, lelah, takikardi.
    Anemia defisiensi: konjungtiva pucat (Hb 6-10 gr/dl), telapak tangan pucat (Hb < 8 gr/dl), iritabilitas, anoreksia, takikardi, murmur sistolik, letargi, tidur meningkat, kehilangan minat bermain atau aktivitas bermain. Anak tampak lemas, sering berdebar-debar, lekas lelah, pucat, sakit kepala, anak tak tampak sakit, tampak pucat pada mukosa bibir, farink,telapak tangan dan dasar kuku. Jantung agak membesar dan terdengar bising sistolik yang fungsional.
    Anemia aplastik : ikterus, hepatosplenomegali.
D. Pemeriksaan Penunjang
  1. Kadae HB
    Kadar Hb <10g/dl. Konsentrasi hemoglobin eritrosit rata-rata < 32% (normal: 32-37%), leukosit dan trombosit normal, serum iron merendah, iron binding capacity meningkat
  2. Kelainan laborat sederhana untuk masing-masing type anemia
    a.  Anemia defisiensi asam folat : makro/megalositosisb. Anemia hemolitik : retikulosit meninggi, bilirubin indirek dan total naik, urobilinuria.
    c. Anemia aplastik : trombositopeni, granulositopeni, pansitopenia, sel patologik darah tepi ditemukan pada anemia aplastik karena keganasan.
E. Pathwasy

F. Penatalaksanaan
  • Anemia pasca pendarahan : transfusi darah. Pilihan kedua: plasma ekspander atau plasma substitute. Pada keadaan darurat bisa diberikan infus IV apa saja
  • Anemia defisiensi : makanan adekuat, diberikan SF 3x10mg/kg BB/hari. Transfusi darah hanya diberikan pada Hb <5 gr/dl
  • Anemia aplastik : : prednison dan testosteron, transfusi darah, pengobatan infeksi sekunder, makanan dan istirahat
G. Masalah keperawatan yang sering muncul
  • Perubahan perfusi jaringan berhubungan dengan berkurangnya komparten seluler yang penting untuk menghantarkan oksigen / zat nutrisi ke sel
  • Tidak toleransi terhadap aktivitas berhubungan dengan tidak seimbangnya kebutuhan pemakaian dan suplai oksigen
  • Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan kurangnya selera makan
H. Tindakan keperawatan
1. Perfusi jaringan adekuat
  • Memonitor tanda‑tanda vital, pengisian kapiler, wama kulit, membran mukosa.
  • Meninggikan posisi kepala di tempat tidur
  • Memeriksa dan mendokumentasikan adanya rasa nyeri.
  • Observasi adanya keterlambatan respon verbal, kebingungan, atau gelisah
  • Mengobservasi dan mendokumentasikan adanya rasa dingin.
  • Mempertahankan suhu lingkungan agar tetap hangat sesuai kebu­tuhan tubuh.
  • Memberikan oksigen sesuai kebutuhan.
2. Mendukung anak tetap tolerans terhadap aktivitas
  • Menilai kemampuan anak dalam melakukan aktivitas sesuai dengan kondisi fisik dan tugas perkembangan anak.
  • Memonitor tanda‑tanda vital selama dan setelah melakukan aktivitas, dan mencatat adanya respon fisiologis terhadap aktivitas (peningkatan denyut jantung peningkatan tekanan darah, atau nafas cepat).
  • Memberikan informasi kepada pasien atau keluarga untuk berhenti melakukan aktivitas jika teladi gejala‑gejala peningkatan denyut jantung, peningkatan tekanan darah, nafas cepat, pusing atau kelelahan).
  •  Berikan dukungan kepada anak untuk melakukan kegiatan sehari­ hari sesuai dengan kemampuan anak.
  • Mengajarkan kepada orang tua teknik memberikan reinforcement terhadap partisipasi anak di rumah.
  • Membuat jadual aktivitas bersama anak dan keluarga dengan melibatkan tim kesehatan lain.
  • Menjelaskan dan memberikan rekomendasi kepada sekolah tentang kemampuan anak dalam melakukan aktivitas, memonitor kemam­puan melakukan aktivitas secara berkala dan menjelaskan kepada orang tua dan sekolah
3. Memenuhi kebutuhan nutrisi adekuat
  • Mengijinkan anak untuk memakan makanan yang dapat ditoleransi anak, rencanakan untuk memperbaiki kualitas gizi pada saat selera makan anak meningkat.
  • Berikan makanan yang disertai dengan suplemen nutrisi untuk meningkatkan kualitas intake nutrisi.
  • Mengijinkan anak untuk terlibat dalam persiapan dan pemilihan makanan Mengevaluasi berat badan anak setiap hari.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Betz, Sowden. (2002). Buku Saku Keperawatan Pediatrik. Edisi 2. Jakarta, EGC.
  2. Suriadi, Yuliani R. (2001). Asuhan Keperawatan pada Anak. Edisi I. Jakarta, CV Sagung Seto.
  3. Tucker SM. (1997). Standar Perawatan Pasien. Edisi V. Jakarta, EGC.